Apa Sih Kelebihan Detergen daripada Sabun ?

Written by Beti Adini Wulandari 0 komentar Posted in:



            Sabun dan detergen mempunyai kemampuan yang sama yaitu kemampuan membersihkan. Sabun dan detergen memiliki struktur yang mirip dan memiliki bagian yang bersifat polar dan non polar. Kemampuan membersihkan dari sabun tergantung dari panjang rantai karbon.  Semakin panjang rantai karbon, semakin besar kemampuan membersihkannya.  Bahan dasar utama pembuatan sabun adalah minyak kelapa.


            Detergen yang dipasarkan memiliki susunan yang lebih kompleks. Karena berisi bahan-bahan kimia lainnya yang ditambahkan sebagai senyawa yang memiliki kemampuan sebagai pembersih. Bahan utama yang aktif biasa disebut surfaktan. Ibu-ibu rumah tangga biasanya lebih menyukai menggunakan detergen daripada sabun. Nah, apa yang menyebabkan detergen lebih banyak digunakan?
1. Detergen lebih banyak buihnya daripada sabun yang sukar membuih.
2. Sabun menyebabkan scum (endapan yang tak larut) bila digunakan untuk mencuci dengan air sadah.     Ion Ca2+ dan Mg2+ dalam air sadah bereaksi dengan molekul sabun dan membentuk scum. Scum juga menempel pada pakaian sehingga dibutuhkan lebih banyak sabun untuk mencuci.
3. Sabun bereaksi dengan asam yang berasal dari prespiration dan membentuk asam lain yang tidak      
    larut yang akhirnya mengurangu kemampuan membersihnya.
            Bahan-bahan tambahan lain dalam detergen misalnya pemutih ( mis natrium hipoklorit, NaClO), pengemulsi (mis, karboksimetilselulosa), dan natrium tripolifosfat, Na5P3O10. Penambahan natrium polifosfat untuk mencegah pembentukan scum, menjaga agar pH mejadi tinggi, dan sebagai bahan pengisi agar biaya produksi menjadi lebih murah. 

(029)

0 komentar:

Poskan Komentar